Kenapa tidak boleh memakai baju berwarna hijau di parangtritis? Ini penjelasan ilmiahnya

Pernah dengar mitos atau kepercayaan di masyarakat bahwa tidak boleh memakai baju berwarna hijau di pantai parangtritis?
Mitosnya adalah seseorang yang memakai baju hijau saat mengunjungi "paris" akan hanyut dibawa Nyi Roro Kidul. Apa anda percaya? Itu semua kembali kepada anda masing-masing. 
Terlepas dari mitos itu, kali ini kita akan mengupas penjelasan ilmiah dari kepercayaan tersebut.

Parangtritis adalah pantai yang terletak di selatan pulau jawa tepatnya di Yogyakarta. Letaknya yang menghadap samudra Indonesia menyebabkan karakteristik ombaknya besar dan arusnya kuat. Di parangtritis juga terdapat fenomena rip current yaitu arus balik yang disebabkan arus datang tegak lurus garis pantai. Hal itu dapat membahayakan wisatawan yang berenang disitu karena dapat menyeret wisatawan ke laut lepas.

Melihat begitu besarnya ancaman yang ada di pantai parangtritis lalu apa hubungannya dengan tidak bolehnya memakai baju hijau? Ternyata jika kita memakai baju hijau kita akan tersamarkan dengan warna laut dimana kita berenang. Hal itu akan menyulitkan petugas keamanan saat memantau wisatawan yang sedang berenang apalagi ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti tenggelam.

Nah seperti itulah penjelasan ilmiah dari mitos tersebut. Memang banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat, jangan pernah mencaci hal itu karena biasanya mitos tersebut memiliki hikmah di dalamnya. Biarkan mitos dan tradisi berkembang beriringan dengan ilmu pengetahuan. Karena keduanya bisa saling mengisi dan melengkapi.

Related Posts:

2 Responses to "Kenapa tidak boleh memakai baju berwarna hijau di parangtritis? Ini penjelasan ilmiahnya"

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas :)