Perbedaan Cuesta dan Hogback

Apa perbedaan cuesta dan hogback? Pertanyaan itu pernah saya dapatkan saat bimbingan menjelang osk 2015 yang lalu. Saat itu saya masih belum mengerti istilah cuesta maupun hogback, kemudian saya cari di buku dan materi ppt yang saya miliki dan akhirnya ketemulah jawabannya.

Pengertian Cuesta adalah bentuklahan struktural dengan kemiringan antara kedua sisi lerengnya tidak simetri dengan sudut lereng yang searah perlapisan batuan kurang dari 30 derajat (Tjia, 1987).
Cuesta
Cuesta

Pengertian Hogback adalah bentuklahan struktural dengan sudut lereng yang searah perlapisan batuan lebih dari 30 derajat (Tjia, 1987). Hogback memiliki kelerengan scarp slope dan dip slope yang hampir sama sehingga terlihat simetri.
Hogback
Hogback

Sekian, semoga bermanfaat.

Related Posts:

4 Responses to "Perbedaan Cuesta dan Hogback "

  1. saya berkunjung balik pak (smartgeografi.blogspot.com)
    selamat berkarya untuk mengembangkan pembelajaran geografi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ane dipanggil pak, wkwk berasa tua gimana gitu. Gpp deh trimakasih bu guru..

      Delete
  2. saya mau bertanya, bagaimana cara kita mengetahui bidang perlapisan batuannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terus terang ane masih agak bingung juga nih sob. kalau dah temu dan pasti jwabannya nanti ane jawab deh. hhehe

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas :)