Macam-Macam Pola Pengaliran Sungai

Sobat Geografi, kali ini kita akan membahas Pola Pengaliran / Penyaluran Sungai. Satu sungai atau lebih beserta anak sungai dan cabangnya dapat membentuk suatu pola atau sistem tertentu yang dikenal sebagai pola pengaliran / pola penyaluran (drainage pattern). Pola pengaliran dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Tiap-tiap macam pola pengaliran dapat bervariasi, dan variasi tersebut antara lain disebabkan oleh adanya struktur dan variasi batuan dimana pola pengaliran itu terdapat. 

a. Dendritik 

Pola pengaliran dengan bentuk seperti pohon, dengan anak-anak sungai dan cabang-cabangnya mempunyai arah yang tidak beraturan. 

Umumnya berkembang pada batuan yang resistensinya seragam, batuan sedimen datar, atau hampir datar, daerah batuan beku masif, daerah lipatan, daerah metamorf yang kompleks. Kontrol struktur tidak dominan di pola ini, namun biasanya pola aliran ini akan terdapat pada daerah punggungan suatu antiklin. 
Pola Aliran Dendritik
Pola Aliran Dendritik

b. Radial

Pola pengaliran yang mempunyai pola memusat atau menyebar dengan 1 titik pusat yang dikontrol oleh kemiringan lerengnya.
Pola radial dibagi menjadi 2, yaitu radial sentrifugal dan radial sentripetal.
  • Tipe sentrifugal, yaitu pola Radier dimana arah-arah pengalirannya menyebar ke segala arah dari  suatu pusat.
  • Tipe sentripetal, yaitu pola Radier dimana arah-arah pengalirannya memusat dari segala arah.
Pola Aliran Radial
Pola Aliran Radial

c. Rectanguler

Pola pengaliran dimana anak-anak sungainya membentuk sudut tegak lurus dengan sungai utamanya, umumnya pada daerah patahan yang bersistem (teratur).

Pola Aliran Rectangular
Pola Aliran Rectangular

d. Trellis 

Pola ini mempunyai bentuk seperti daun dengan anak-anak sungai sejajar. Sungai utamanya biasanya memanjang searah dengan jurus perlapisan batuan. Umumnya terbentuk pada batuan sedimen berselang-seling antara yang mempunyai resistensi rendah dan tinggi.
Anak-anak sungai akan dominan  terbentuk dari erosi pada batuan sedimen yang mempunyai resistensi rendah. 
Jadi secara umum , pembentukan sungai utama lebih disebabkan oleh kontrol struktrur dan pembentukan anak sungai lebih disebabkan oleh kontrol litologi.
Pola Aliran Trellis
Pola Aliran Trellis

e. Parallel 

Pola pengaliran yang sejajar arah alirannya. Pola ini sering dijumpai pada daerah yang lerengnya mempunyai kemiringan yang nyata, dan berkembang pada batuan yang bertekstur halus dan homogen.  
Pola Aliran Parallel
Pola Aliran Parallel

f. Annular

Pola pengaliran dimana sungai atau anak sungainya mempunyai penyebaran yang melingkar.
Sering dijumpai pada daerah kubah berstadia dewasa. Pola ini merupakan perkembangan dari pola radier. Pola penyaluran  ini melingkar mengikuti jurus perlapisan  batuannya. 
Pola Aliran Annular
Pola Aliran Annular

g. Multi basinal atau Sink Hole 

Pola pengaliran yang tidak sempurna, kadang nampak di permukaan bumi, kadang tidak nampak, yang dikenal sebagai sungai bawah tanah. Pola pengaliran ini berkembang pada daerah karst atau daerah batugamping.
Pola Aliran Multibasinal
Pola Aliran Multibasinal

h. Contorted 

Pola pengaliran dimana arah alirannya berbalik / berbalik arah.  Kontrol struktur yang bekerja berupa pola lipatan yang tidak beraturan yang  memungkinkan terbentuknya suatu tikungan atau belokan pada lapisan sedimen yang ada.
Pola Aliran Contorted
Pola Aliran Contorted



Selain pola aliran sungai diatas, terdapat sub pola aliran seperti:

Pola Aliran Pinnate
Pinnate
Pola Aliran Sub Dendritik
Sub Dendritic
Pola Aliran Sub Parallel
Sub Parallel
Pola aliran Deranged
Deranged

Related Posts:

4 Responses to "Macam-Macam Pola Pengaliran Sungai"

  1. Wuih lengkap bangett
    Gan, ijin ngutip yaa.. :D

    From: ilmunyageografi.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Mantap gan postingannya..
    Ijin ngutip yak..

    from: ilmunyageografi.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas :)