10 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

10 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia - Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung. Gunung tertinggi di dunia diukur dari permukaan laut adalah gunung Everest yang terletak di pegunungan Himalaya.
Gunung tertinggi di dunia


Daftar Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

1. Gunung Everest

Di posisi pertama ada gunung Everest yang memiliki ketinggian 8.850 meter diatas permukaan laut. Gunung ini merupakan rangkaian pegunungan Himalaya yang terletak di negara Nepal dan Tibet (China). Pendaki pertama yang berhasil menaklukan gunung Everest adalah Tenzing dan Hillary pada tahun 1953.

2.  Gunung K2 (Godwin Austen)

Posisi kedua ditempati oleh gunung K2 dengan ketinggian 8.611 mdpl. Gunung ini merupakan bagian dari pegunungan Karakoram yang terletak diantara negara Pakistan dan China. Gunung ini pertama kali ditaklukan oleh Lino Lacedelli dan Achille Compagnoni pada tahun 1954.

3. Gunung Kangchenjunga

Di tempat ketiga gunung tertinggi dunia adalah Gunung Kangchenjunga yang memiliki tinggi 8.586 mdpl. Terletak di negara Nepal dan India, masih bagian dari pegunungan Himalaya. Gunnung ini pertama kali ditaklukan oleh Joe Brown dan George Band pada tahun 1955.

4. Gunung Lhotse 

Gunung tertinggi ke 4 adalah gunung Lhotse dengan ketinggian 8.516 mdpl. Gunung ini terletak di negara Nepal dan Tibet (China). Pendaki pertama yang berhasil menaklukan gunung ini adalah Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss (Tahun 1956).

5. Gunung Makalu 

Gunung Makalu berada diposisi kelima dengan ketinggian 8.463 mdpl. Gunung ini merupakan bagian dari pegunungan Himalaya yang terletak di negara Nepal dan Tibet (China). Orang pertama yang berhasil mendaki hingga puncak gunung ini adalah Lionel Terray dan Jean Couzy (Tahun 1955).

6. Gunung Cho Oyu

Gunung Cho Oyu berada diposisi keenam dengan ketinggian 8.188 mdpl. Gunung ini merupakan bagian dari pegunungan Himalaya yang terletak di negara Nepal dan Tibet ( China ). Pendaki pertama yang berhasil menaklukan gunung ini adalah Joseph Jöchler, Herbert Tichy dan Pasang Dawa Lama  (Tahun 1954).

7. Gunung Dhaulagiri 

Gunung tertinggi diposisi ketujuh adalah gunung Dhaulagiri dengan ketinggian 8.167 mdpl. Gunung ini merupakan bagian dari pegunungan Himalaya yang terletak di Nepal. Kurt Diemberger, P. Diener, E. Forrer, A. Schelbert, Nyima Dorje Sherpa, Nawang Dorje Sherpa adalah para pendaki pertama yang menaklukkan gunung Dhaulagiri pada tahun 1960.

8. Gunung Manaslu

Dengan ketinggian 8.163 mdpl gunung ini berada di posisi kedelapan gunung tertinggi di dunia. Gunung ini merupakan bagian dari pegunungan Himalaya yang terletak di Nepal. Gunung ini berhasil ditaklukkan pertama kali oleh Toshio Imanishi dan Gyaltsen Norbu (Tahun 1956).

9. Gunung Nanga Parbat

Gunung Nanga Parbat memiliki ketinggian 8.126 mdpl. Terletak di Pegunungan Himalaya, Pakistan. Gunung ini telah ditaklukkan pertama kali oleh Hermann Buhl  (Tahun 1953).

10. Gunung Annapurna

Gunung Annapurna memiliki ketinggian 8.091 mdpl. Gunung ini terletak di pegunungan Himalaya, Nepal. Orang pertama yang menaklukkan gunung ini adalah Maurice Herzog dan Louis Lachenal (Tahun 1950).
Itulah 10 puncak gunung tertinggi di dunia.
Baca juga:
10 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia 
10 Puncak Gunung Tertinggi di Jawa

Related Posts:

0 Response to "10 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia "

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas :)