10 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia dan Letaknya

Gunung Tertinggi di Indonesia - Bicara mengenai gunung di Indonesia memang sangat banyak sekali. Negara ini dilewati oleh 2 sirkum pegunungan berapi yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik. Negara ini juga terletak di pertemuan 3 lempeng bumi, yaitu lempeng Eurasia, Pasifik, dan Indo-Australia. Kondisi itulah yang menyebabkan terbentuknya banyak gunung di Indonesia baik yang aktif maupun tidak.
10 puncak gunung tertinggi di Indonesia diukur dari permukaan laut dan letaknya.
Dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia, kali ini Klik Geografi akan membahas 10 puncak gunung tertinggi di Indonesia diukur dari permukaan laut dan letaknya.

Daftar 10 Puncak Tertinggi di Indonesia Diukur dari Permukaan Laut


1. Puncak Jaya, Papua

Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 mdpl. Indonesia patut berbangga karena Puncak Jaya yang juga dikenal dengan Cartensz Pyramid ini masuk dalam seven summit (tujuh puncak) tertinggi di tiap benua di dunia. Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania. Orang pertama yang berhasil menaklukkan puncak jaya adalah Anton Colijn, Jean Jacques Dozy dan Frits Wissel pada tahun 1936..

2. Puncak Mandala, Papua

Di peringkat kedua adalah puncak Mandala yang memiliki ketinggian 4.760 mdpl. Puncak Mandala terletak di Pegunungan Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Pada masa penjajahan Belanda, puncak Jaya dikenal sebagai Julianatop atau Puncak Juliana. Gunung ini didaki pertama kali pada tanggal 9 September 1959 oleh Herman Verstappen, Jan de Wijn, Max Tissing, Piet ter Laag, Arthur Escher.

3. Puncak Trikora, Papua 

Puncak Trikora merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian 4.751 mdpl. Gunung ini terletak di jajaran pegunungan Maoke, provinsi Papua Barat. Orang pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Franssen Herderschee, Hubrecht and Versteeg pada tahun 1913.

4. Ngga Pilimsit, Papua

Gunung tertinggi keempat masih di Provinsi Papua yaitu Ngga Pilimsit. Gunung ini menjulang dengan ketinggian 4.717 mdpl. Lokasi Ngga Pilimsit di Pegunungan Maoke yang hanya berjarak 21 km ke arah timur laut dari pemuncak pertama gunung tertinggi di Indonesia, puncak Jaya. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan Ngga Pilimsit adalah Heinrich Harrer and Philip Temple pada tahun 1962.

5. Gunung Kerinci, Jambi

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra.

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh. Gunung ini pertama didaki oleh Arend Ludolf van Hasselt en Daniël David Veth tahun 1877.

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009.

6. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. 

7. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru atau Sumeru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat[1]. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini ditaklukkan pertama kali oleh Clignet tahun 1838.

8. Gunung Sanggar, Nusa Tenggara Barat

Gunung Sanggar berada di kompleks pegunungan yang sama dengan Gunung Rinjani. Tinggi gunung yang terletak di wilayah Lelongken, Nusa Tenggara Barat, ini mencapai 3.492 Mdpl. Meski termasuk ke dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Sanggar kurang populer dibanding gunung lainnya. Barangkali, perhatian para pendaki sudah terfokus pada Gunung Rinjani yang lebih menonjol dari Sanggar.

9. Gunung Rantemario, Sulawesi Selatan.

Gunung Rantemario atau Bulu Rantemario adalah gunung yang terdapat di Sulawesi Selatan, Indonesia. Sebuah sumber menyatakan sebagai titik tertinggi di Sulawesi, tapi sumber lain menyatakan Gunung Rantekombola yang terdapat dekat dengan Gunung Rantekombola sebagai titik tertinggi. Ketinggian gunung Rantemario sendiri adalah 3.478 mdpl.

10. Gunung Slamet, Jawa Tengah

Gunung Slamet (3.428 meter dpl.) adalah sebuah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009.

Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto.

Nah, itulah 10 puncak gunung tertinggi di Indonesia dan letaknya.
Baca juga:
10 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia
10 Puncak Gunung Tertinggi di Jawa

Related Posts:

6 Responses to "10 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia dan Letaknya"

  1. Permisi pak, saya masih kurang mengerti mengenai puncak tertinggi di Indonesia, Karena disebagian blog Ada juga yg bilang tertinggi itu cartensz Pyramid, jadi say a masih susah bedain mama puncak jaya Dan mama cartensz pyramid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puncak jayawijaya dan puncak cartenz (cartenz pyramid) itu sama. Nama puncak cartenz digunakan oleh bangsa belanda dulu yg diambil dari nama orang yg prtama melihat puncak trsebut. Sedangkan nama jayawijaya diberikan oleh Ir Soekarno sbg simbol puncak kejayaan indonesia yg telah mengusir penjajah

      Delete
  2. Yuk kita explore keindahan alam dan budaya Indonesia

    Bantu Indonesia menjadi pariwasata terbaik dunia.

    "Buka mata, Indonesia itu indah"

    https://ayojalanjalan.com

    ReplyDelete
  3. Impian ane hingga sekarang bisa nginjak di Carstenz Pyramid.
    Baca juga yang ini gan
    http://justinfo-share.blogspot.co.id/2015/02/7-puncak-tertinggi-di-7-benua.html

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas :)