Pengertian Guyot dan Proses Pembentukan Guyot

Pengertian Guyot


Guyot adalah gunung bawah laut yang memiliki puncak datar. Awalnya guyot merupakan gunungapi aktif yang terbentuk di dasar laut. Kemudian setelah aktivitas magmanya berhenti atau sudah habis maka puncak gunung tersebut tererosi sehingga menyisakan bentuk sisa gunungapi yang disebut guyot.

Agihan Guyot: 

  • Di Pasifik dari Kamchatka ke sekitar Hawaii 
  • Subaerial erosion 
  • Barat Hawaii ke mariana, Marshall 
  • Mengumpul di selatan Alaska

Proses pembentukan Guyot

1. New Oceanic Island

Pada awalnya, terbentuklah pulau baru di tengah samudra. Pulau itu sebenarnya adalah gunung api bawah laut yang terbentuk akibat pemekaran kerak samudra.

2. Terumbu Karang Tepi

Selanjutnya di sekeliling pulau baru tadi tumbuh karang tepi. Terumbu tepi (fringing reef) adalah terumbu karang yang terdapat di pantai suatu pulau atau benua. 

3. Terumbu Karang Penghalang

Seiring waktu, pulau tadi kehilangan aktivitas magmanya. Tidak ada lagi material yang dikeluarkan. Ditambah lagi semakin menjamurnya karang-karang tadi. Akibatnya pulau tadi mulai tenggelam. Kemudian terbentuklah laguna di pulau tersebut yaitu daerah yang digenangi air. Sementara terumbu karang sendiri masih mengelilingi pulau tersebut dan membentuk karang penghalang Barrier Reef

Terumbu penghalang (barrier reef), merupakan terumbu karang yang berbentuk memanjang melindungi pulau (benua) dari lautan atau samudera dan memiliki goba (lagoon)  diantara terumbu dan pulau. 

4. Atol

Pulau tadi akhirnya tenggelam menyisakan cincin karang yang disebut atol.
Atol adalah terumbu karang yang sebagian terendam air laut yang membentuk lingkaran, dengan pulau-pulau rendah di sekeliling laguna besar yang berbentuk gelang. 

5. Guyot

Akibat erosi pulau rendah yang menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang tadipun semakin tenggelam. Padahal terumbu karang hanya dapat tumbuh di laut dangkal, tenang dan jernih. Terumbu karang pun mati dengan sendirinya. Hingga akhirnya, menyisakan guyot yaitu gunung bawah laut yang permukaannya datar.



Sumber:http://www.toiki.or.id/2010/06/asal-usul-guyot.html

Related Posts:

2 Responses to "Pengertian Guyot dan Proses Pembentukan Guyot"

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas :)