Dampak Positif adanya Gempa Bumi

Setelah di postingan terdahulu kita membahas Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah, yang kesemuanya mengakibatkan kerugian berupa hilangnya nyawa maupun harta. Kali ini kita akan mengupas sisi positif atau manfaat dari adanya gempa bumi.
Memangnya ada positifnya sob?
Ada, tapi memang banyak negatifnya.. hihihi



Sisi positif atau manfaat dari gempa bumi, antara lain: 
  1. Gempa bumi, sangat berguna bagi manusia karena mereka memberikan gambaran tentang apa yang terjadi di bawah tanah. Hal ini dapat membuat ekstraksi minyak dan gas lebih efisien, dan memungkinkan para ilmuwan untuk memantau perkembangan air selama ekstraksi energi panas bumi.
  2. Gempa juga memberi tahu kita apa yang terjadi dalam struktur bumi, misalnya, ruang magma, dan memungkinkan para ilmuwan untuk memonitor gunung berapi dan ancaman letusan.
  3. Gempa bumi juga dapat memberitahu kita tentang struktur internal Bumi. Dengan mengukur waktu yang diperlukan gelombang seismik untuk melintasi bumi kita bisa memetakan struktur bumi ke inti.
  4. Pada skala global, gempa bumi hanyalah gejala pergerakan lempeng yang terjadi sepanjang waktu, dan mereka terjadi karena material di permukaan di bumi berubah karena konveksi di dalam mantel bumi – gunung-gunung yang sedang dibuat, mineral dari bawah sedang dinaikkan ke atas dan dasar laut baru sedang dibuat.
  5. Aktivitas tektonik sangat penting untuk mempertahankan kehidupan di bumi. Materi yang ada terus-menerus didaur ulang antara permukaan dan kerak bumi. Kita memiliki beberapa daratan karena adanya aktivitas tektonik. Dataran yang muncul di tengah laut mendukung sejumlah besar kehidupan, dan mungkin memiliki peranan penting pada asal-usul kehidupan, dan permukaan bumi juga sangat dipengaruhi oleh letusan gunung berapi untuk membentuk komposisinya.

Related Posts:

2 Responses to "Dampak Positif adanya Gempa Bumi"

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas :)