Pengertian Danau dan Jenis-Jenis Danau

Sobat Geografi, sudah tahu kan apa itu danau? Tapi bagaimana dengan jenis-jenis danau? Sekarang kita bahas hal tersebut dalam pengertian danau dan jenis-jenis danau.


Pengertian Danau


Danau merupakan suatu daratan yang cekung (basin) yang digenangi air yang cukup banyak. Air yang menggenangi danau bisa berasal dari mata air, air tanah, air sungai yang berpelepasan atau bermuara di danau tersebut atau bisa juga berasal dari air hujan.

Jenis-Jenis Danau Berdasarkan Proses Pembentukannya beserta Contohnya


Berdasarkan proses kejadiannya danau dibedakan menjadi 6 macam yaitu danau: Tektonik, Vulkanik, Tektono-Vulkanik, Karst, Glasial dan Waduk atau Bendungan.

1. Danau Tektonik


Danau yang terjadi akibat adanya peristiwa tektonik seperti gempa. Akibat gempa terjadi proses patahan (fault) pada permukaan tanah. Permukaan tanah yang patah mengalami pemerosotan atau ambles (subsidence) dan menjadi cekung. Selanjutnya bagian yang cekung karena ambles tersebut terisi air dan terbentuklah danau. Contoh: danau Poso, danau Tempe, danau Tondano, dan danau Towuti di Sulawesi. Danau Singkarak, danau Maninjau, dan danau Takengon di Sumatera.

2. Danau Vulkanik


Danau yang terdapat pada kawah lubang kepunden bekas letusan gunung berapi. Ketika gunung meletus batuan yang menutup kawasan kepunden rontok dan meninggalkan bekas lubang di sana. Ketika terjadi hujan lubang tersebut terisi air dan membentuk sebuah danau. Contoh: Danau Kelimutu di Flores, Kawah Bromo, danau gunung Lamongan di Jawa Timur, danau Batur di Bali danau Kerinci di Sumatera Barat serta Kawah gunung Kelud.

3. Danau Tektono-Vulkanik


Danau yang terjadi akibat proses gabungan antara proses vulkanik dengan proses tektonik. Ketika gunung berapi meletus, sebagian tanah/batuan yang menutupi gunung patah dan merosot membentuk cekungan. Selanjutnya cekungan tersebut terisi air dan terbentuklah danau. Contoh: danau Toba di Sumatera Utara

4. Danau Karst


Danau yang terdapat di daerah berbatu kapur. Danau jenis ini terjadi akibat adanya erosi atau pelarutan batu kapur. Bekas erosi membentuk cekungan dan cekungan terisi air sehingga terbentuklah danau. Contoh : Doline, Uvala

5. Danau Glasial


Danau yang terjadi karena adanya erosigletser. Pencairan es akibat erosi mengisi cekungan-cekungan yang dilewati sehingga terbentuk danau. Contohnya danau yang terdapat di perbatasan antara Amerika dengan Kanada yaitu danau Superior, danau Michigan dan danau Ontario.

6. Waduk atau Bendungan


Danau yang sengaja dibuat oleh manusia. Pembuatan waduk biasanya berkaitan dengan kepentingan pengadaan listrik tenaga air, perikanan, pertanian dan rekreasi. Contoh: Saguling, Cirata dan Jatiluhur, Darma di Jawa Barat,

Related Posts:

12 Responses to "Pengertian Danau dan Jenis-Jenis Danau"

  1. Mantap kali nih blog, bikin pembacanya pintar :>)

    ReplyDelete
  2. ok sering2 mampir lagi ya..
    btw filmnya perlu diperbarui lagi tuh hhehe

    ReplyDelete
  3. makasih gan infonya, ijin copas

    ReplyDelete
  4. Thank u, bermanfaat sekali :-)

    ReplyDelete
  5. Makasih ya, Bantuin tugas IPS gua

    ReplyDelete
  6. Kalo Telaga Warna termasuk Vulkanik? https://goo.gl/U07tgx

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Danau tektonik gan, karna terbentuk dari runtuhnya kaldera gunung Ungaran purba

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas :)